Home > Berita Utama > Kuliah Kelas Jauh Ilegal

Kuliah Kelas Jauh Ilegal

Thursday, 9 February 2012 Leave a comment Go to comments

Kuliah Kelas Jauh Ilegal

KENDARINEWS.COM – Raha, Ini informasi bagi mahasiswa yang mengikuti pendidikan kelas jauh di Perguruan Tinggi. Keabsahan dari kelas jauh yang diselenggarakan
rupanya ilegal. Pernyataan tersebut diungkapkan oleh Koordinator Kopertis Wilayah IX Makassaar, Prof Dr H Muh Basri Wello MA, saat menghadiri wisuda mahasiswa STIP Wuna, kemarin.

Di Kabupaten Muna, terdapat kelas jauh dari beberapa Perguruan Tinggi. Yang kuliahnya biasa dilakukan setiap sabtu dan minggu. “Kelas jauh itu tidak ada aturannya. Tidak diperbolehkan, kalau diselenggarakan itu ilegal, “kata Muh Basri Wello.

Boleh diselenggarakan, kata Dia, asal terakreditasi A. Namun dengan catatan, kampusnya, dosennya dan karyawannya menetap di sini (Muna red). Bila persyaratan tersebut tidak dipenuhi, tidak diizinkan PT membuka kelas jauh. “Banyak alumni dari PT kelas jauh yang bermasalah dikemudian hari, “terangnya.

Di dunia pendidikan yang dikenal, lanjut Koordinator Kopertis wilayah IX Makassar itu, pembelajaran jarak jauh dengan memanfaatkan teknologi yang ada, misalnya lewat telconfrence. “Dosennya mengajar dari Jakarta, mahasiswanya mengikuti dari sini, “ujarnya.

Pelarangan kelas jauh PT, kata Dia, selain tidak ada aturannya. Yang paling mengkhawatirkan adalah kualitas dari alumni yang dihasilkan. “Pertimbangan kualitas alumni. Yang tiap hari saja datang kuliah, belum tentu dapat menyerap semua ilmunya. Apalagi yang bahan mata pelajaran seminggu, hanya dikebut dua hari perminggu atau perbulan. Teorinya, kita tidak makan empat hari dan makanan itu disimpan. Hari kelima semua jatah makanan disimpan itu, kita makan. Tentu tidak bisa kita habiskan keseluruhannya, ” urainya.

Sampai saat ini, kopertis wilayah IX tidak pernah mengeluarkan izin PT kelas jauh. “Jika ada yang bilang memiliki izin, itu tidak benar, “timpalnya. Bila ada yang sembunyi-sembunyi membuka kelas jauh, PTnya akan dikenakan sanksi. “Sanksinya akan kita cabut izin penyelenggaraan pendidikannya, “ujarnya. Namun kata Dia, belum ada masyarakat atau mahasiswa yang melaporkan keberadaan kelas jauh. “Kalau ada yang melapor, kita tindak lanjuti. Kita menunggu laporan dari masyarakat,” pungkas Basri Wello.

HARIAN KENDARI POS

Categories: Berita Utama
  1. No comments yet.
  1. No trackbacks yet.

Balas

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: