Home > Bumi Anoa > Pangulubelo Disiapkan Jadi Pelabuhan Nasional

Pangulubelo Disiapkan Jadi Pelabuhan Nasional

Wednesday, 8 February 2012 Leave a comment Go to comments

Pangulubelo Disiapkan Jadi Pelabuhan Nasional

Wangiwangi, Sebagai daerah yang dirancang pusat perdagangan Kawasan Timur Indonesia, pemerintah kabupaten Wakatobi terus melakukan pembenahan infrastruktur khususnya pelabuhan. Saat ini, pemerintah tengah merancang, pelabuhan Pangulubelo Mandati, Kecamatan Wangi-wangi Selatan, dijadikan pelabuhan skala nasional.

“Pada periode kepemimpinan ini, salah satu prioritas pembangunan adalah dermaga laut, seperti peningkatan pelabuhan Pangulubelo, Mandati
Wangiwangi Selatan menjadi pelabuhan nasional.

Rencana peningkatan pelabuhan itu, diharapkan dapat menjadikan aktivitas ekonomi Wakatobi semakin meningkat, sehingga mengantarkan Wakatobi menjadi kawasan ekonomi di bagian timur nusantara ini,” terang H Arhawi Ruda SE, Wakil Bupati Wakatobi, kemarin.

Emrio menjadikan pelabuhan skala nasional, lanjutnya, sudah lama lahir, karena selama ini, Pelabuhan Pangulubelo Mandati, Wangiwangi Selatan, sudah dilewati satu Kapal Pelni yakni KM Kalimutu. Makanya, Pemkab Wakatobi, bakal membangun dan meningkatkan semua dermaga antar pulau di Wakatobi yang menghubungkan jalur perekonomian selama ini. “Setelah itu, masyarakat Wakatobi bisa lebih dimudahkan dalam melakukan perdagangan antar pulau,” terang Ketua DPD PAN Wakatobi itu.
Apalagi persentase masyarakat Wakatobi, 20 hingga 40 persen yang berada di luar daerah dan pemenuhan kebutuhan ekonomi mereka, dilakukan dengan perdagangan antar pualu di luar daerah.

“Dasar itulah, yang membuat Wakatobi perlu peningkatan dermaga laut untuk memudahkan masyarakatnya melakukan aktivitas dengan menggunakan jalur laut. Saya dan Pak Bupati sudah membicarakan hal ini. Kita sudah sepakati bahwa dalam kurun lima tahun kedepan, baik itu pelabuhan Pangulubelo direncanakan sebagai pelabuhan bertaraf nasional, pelabuhan antar pulau juga akan ditingkatkan kualitasnya,” ungkap Wakil Hugua itu. (KP)

Categories: Bumi Anoa Tags:
  1. No comments yet.
  1. No trackbacks yet.

Balas

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: