Home > Bumi Anoa > Dugaan Penyelewengan Dana Desa , Jika Terbukti Harus Diproses Hukum

Dugaan Penyelewengan Dana Desa , Jika Terbukti Harus Diproses Hukum

Wednesday, 8 February 2012 Leave a comment Go to comments

Dugaan Penyelewengan Dana Desa , Jika Terbukti Harus Diproses Hukum

Wanggudu, Anggota Komisi A DPRD Kabupaten Konawe Utara (Konut), Andi Syamsul Alam, menegaskan jika hasil audit yang dilakukan Badan Pemberdayaan Masyarakat Desa (BPMD) Sultra dan Inspektorat Konut, menemukan adanya penyelewengan dana oleh Kepala Desa (Kades) Tongauna, Alimuddin A, maka yang bersangkutan harus diproses hukum.
“Ini perlu dilakukan untuk memberi efek jera agar tak ada lagi kades yang coba-coba menyelewengkan dana desa. Saat ini kami lagi menunggu audit dari BPMD Sultra. Kalau sudah ada hasil auditnya baru kami langsung merekomendasikan ke Inpektorat Konut untuk
menindaklanjutinya,” kata Andi Syamsul Alam, anggota komisi A, DPRD Konut, kemarin.

Politisi asal Partai Pakar Pangan itu mengungkapkan, oknum Kades Tongauna diduga melakukan penyelewengan dana PKK, bantuan masjid, pemotongan honor aparat desa dan pemalsuan tanda tangan.

“Berdasarkan hasil klarifikasi kami di lapangan khususnya kepada masyarakat desa setempat, untuk dana PKK, sejak periode pertama masa jabatan dia (kades) hingga periode kedua, sama sekali belum diumumkan. Serta melakukan pemotongan honor tanpa sepengetahuan aparat desa,” bebernya.

Untuk pemalsuan tanda tangan, lanjut Andi Syamsul, dilakukan pada pertanggung jawaban dan pencairan dana block grant yang seharusnya ditanda tangani Ketua LPM Tongauna. “Sementara ketuanya (LPM Tongauna) tidak pernah menandatangani. Pemalsuan ini telah berlangsung sejak tahun 2008-2011,” terannya.

Anggota Dewan asal Dapil Tongauna ini juga mengatakan, masyarakat telah melaporkan permasalahan ini pada pihak kepolisian. Namun dia minta agar seluruh masyarakat di desa itu tetap tenang sambil menunggu hasil audit terlebih dahulu. (KP)

Categories: Bumi Anoa Tags:
  1. No comments yet.
  1. No trackbacks yet.

Balas

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: