Home > Radar Kolaka > DPT Kolut Sementara 104.244 Jiwa

DPT Kolut Sementara 104.244 Jiwa

Wednesday, 8 February 2012 Leave a comment Go to comments

DPT Kolut Sementara di Posisi 104.244 Jiwa

Kendari, Jumlah Daftar Pemilih Tetap (DPT) Kabupaten Kolaka Utara (Kolut), sudah dirampungkan KPU Kolut, bahkan sudah diplenokan, Jumat (3/2) lalu. Sayangnya, hingga kini, DPT terbaru hasil pleno belum dilaporkan ke Koordinator Daerah (Korda) Pilkada Kolut, DR H Eka Suaib M Si. Sehingga data yang dimiliki Eka, masih data mentah.
“Ini adalah hasil pemantauan yang dilakukan KPU Kolut di semua PPK lalu dilaporkan ke saya, bukan hasil pleno. Data hasil pantauan KPU Kolut, untuk A1, DPS laki-laki jumlahnya 46.652 jiwa dan perempuan 44.709 jiwa. A2 atau pemilih tambahan, laki-laki sebanyak 7395 dan perempuan 5488 orang. Yang dimaksud DPT adalah A1 ditambah A2 atau DPS ditambah pemilih tambahan, itulah DPT,” katanya, kemarin.

Eka mengatakan, KPU Kolut sudah memplenokan jumlah DPT. Tapi karena belum dilaporkan padanya, maka data yang dimilikinya masih bersifat sementara, sehingga peluang bertambahnya DPT Kolut masih berpotensi.
“Jumat, tanggal 3 Februari, KPU Kolut sudah memplenokan jumlah DPT, tapi hasil plenonya belum dilaporkan pada saya selaku Korda Pilkada Kolut,” ujarnya.

Kendati belum melaporkan DPT hasil pleno, namun anggota KPU Sultra itu, salut dengan koordinasi yang terbangun antara KPU dan Kantor Catatan Sipil Kolut. Dimana, kata dia, Capil membuat Nomor Identitias Kependudukan (NIK) bagi pemilih tambahan. Menurut dia, itu sangat berguna untuk mengantisipasi terjadinya persoalan

Di daerah lain yang telah lebih dulu melaksanakan Pilkada, lanjut Eka, belum pernah ada NIK bagi pemilih tambahan. Tapi, Capil Kolut menyanggupi hal itu.

“Hasil monitoring saya di daerah yang sudah melaksanakan Pilkada, pemilih tambahan banyak tidak punya NIK. Saya kira bagus, agar tidak bermasalah kelak di belakang hari kalau misalnya persoalan DPT menjadi salah satu materi gugatan di Mahkamah Konstitusi,” tandasnya.(RADAR KOLAKA)

Categories: Radar Kolaka Tags:
  1. No comments yet.
  1. No trackbacks yet.

Balas

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: