Home > Bumi Anoa > Warga Purehu Temukan Situs Purbakala, Dinas Pariwisata Turunkan Tim Peneliti

Warga Purehu Temukan Situs Purbakala, Dinas Pariwisata Turunkan Tim Peneliti

Saturday, 4 February 2012 Leave a comment Go to comments

Warga Purehu Temukan Situs Purbakala, Dinas Pariwisata Turunkan Tim Peneliti

Lasusua,    Sebuah lokasi yang diduga merupakan situs peninggalan purbakala dilaporkan oleh warga Kecamatan Purehu, ke dinas Pariwisata dan kebudayaan Kolaka Utara. Situs yang terletak di dalam gua di desa Sarambu kecamatan Purehu tersebut, terdapat sejumlah patung bianatang seperti kerbau, babi dan monyet serta beberapa peninggalan lainnya yang belum diketahui.

Kepala Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Kolaka Utara Haedirman Sarira, mengatakan Gua batu yang terletak di pegunungan Desa Sarambu tersebut sudah dilaporkan secara resmi oleh pemerintah setempat.

“Sudah kita bentuk tim peneliti dan tahun ini rencananya akan kita periksa lokasi yang diduga merupakan situs peninggalan purbakala tersebut, anggarannya juga sudah kita masukan ke APBD tahun ini,” terang Haedirman.

Mantan camat Batu Putih ini menambahkan, survey yang akan dilakukann tim yang teleh dibentuk tersebut guna membuktikan kebenaran laporan warga Purehu. Jika memang ditemukan jejak situs Purbakala maka pihaknya akan merekomendasikan agar dilakukan penelitian yang lebih mendalam oleh para ahli sejarah dan purbakala.

Menurutnya potensi pariwisata di Kolut, baik yang mengandung sejarah maupun wisata alam cukup banyak, hanya saja belum terkelola secara maksimal akibat keterbatasan anggaran.

Tahun ini saja lanjut Haedirman, Dinas yang dipimpinnya hanya mendapatkan alokasi anggaran Rp 100 juta yang akan terserap guna membangun pagar pantai  ujung tobaku di Kecamatan Katoi. Akibatnya beberapa obyek wisata wisata potensial seperti dana biru terpaksa harus bersabar guna mendapatkan “sentuhan” anggaran perbaikan dan pengadaan fasilitas penunjang.

“Belum dilengkapi fasilitas saja, danau biru sudah ramai dikunjungi orang karena keindahannya. Kalau sarananya sudah kita lengkapi seperti cottage, perumahan tempat peristirahatan, dan sarana lainnya, saya kira danau biru akan lebih menambah daya tarik wisatawan untuk berkunjung,” pungkasnya. (radar)

Categories: Bumi Anoa Tags: ,
  1. No comments yet.
  1. No trackbacks yet.

Balas

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: