Home > Berita Utama, Metro Kendari > Jaksa Hentikan Penuntutan Dugaan Korupsi Perbaikan Kapal Navigasi

Jaksa Hentikan Penuntutan Dugaan Korupsi Perbaikan Kapal Navigasi

Saturday, 4 February 2012 Leave a comment Go to comments

Jaksa Hentikan Penuntutan Dugaan Korupsi Perbaikan Kapal Navigasi

Kendari, Kasus dugaan korupsi pemeliharaan dan perbaikan kapal negara senilai Rp 1,3 miliar pada dinas Perhubungan Laut Distrik Navigasi Kelas III Kendari tahun 2009 akhirnya dihentikan penuntutannya. Kejari Kendari telah mengeluarkan surat ketetapan pemberhentian penuntutan (SKPP) pada bulan Desember 2011 lalu.

Meskipun sebelumnya, Kejari Kendari telah menetapkan dua tersangka yakni Pejabat Pembuat Komitmen (PPK), Much Bachtiar dan Direktur CV Orbit Raya Sakti, Sukarni, 4 Februari 2011. Bahkan, Kajari Kendari, Yendi Kusyendi, MH berkomitmen akan mengusut terus perkara tersebut sampai tuntas. Namun, akhirnya kejaksaan berkelik bahwa barang bukti tidak cukup dan proses penuntutan terpaksa dihentikan.

“Kasus ini dihentikan penuntutannya sekitar sebulan yang lalu. Pemberhentian penuntutan dilakukan karena dianggap tidak cukup bukti, terutama kerugian negara,” ungkap Yendi Kusyendi saat ditemui di ruang kerjanya, kemarin (3/2).

Barang yang diduga fiktif pada proyek pemeliharaan dan perbaikan kapal negara tersebut, kata dia, setelah dilakukan pemeriksaan lebih teliti ternyata cocok dengan ketentuan yang ada pada kontrak. Termasuk tanggal yang tertera saat pengiriman pada ekspedisi juga sama dengan ketentuan yang diatur dalam kontrak. “Spesifikasi barang juga cocok dengan proyek pengadaan barang untuk pemeliharaan dan perbaikan kapal,” jelasnya.

Lalu, kenapa kejaksaan menetapkan dua tersangka sebelumnya? Yendi Kusyendi menguraikan, proses penyelidikan terhadap adanya indikasi penyimpangan pada proyek pemeliharaan dan perbaikan kapal negara di Dinas Perhubungan Laut Distrik Navigasi Kelas III Kendari tahun 2009 berawal dari laporan pihak kantor Navigasi sendiri.

“Kami lakukanlah penyelidikan. Semua orang yang bersangkutan telah diperiksa, baik kepala kantor, kasi logistik, bagian penerimaan barang, bagian gudang, nakhoda dan bagian mesin. Semua menjawab tidak ada mengetahui tentang adanya barang tersebut. Dengan dasar itulah, kasus tersebut ditingkatkan ke penyidikan dengan menetapkan dua orang tersangka,” terang pengganti Dedy Siswadi tersebut.

Setelah proses penyidikan dan bukti-bukti dianggap cukup, lanjutnya, kasus tersebut dilimpahkan ke proses penuntutan. Dalam prosesnya, tiba-tiba Kepala Dinas Perhubungan Laut Distrik Navigasi Kelas III Kendari mendatangi Kejari Kendari dan menyatakan adanya barang yang ditemukan dalam sebuah lemari di ruangan Kasi Logistik Kantor Navigasi.

“Barang tersebut kami bawa ke sini (Kejari Kendari). Setelah dibuka dan diperiksa, ternyata barang yang selama ini dianggap fiktif masih ada. Kami cocokkan semua mulai dari spesifikasi barang sampai pada tanggal pengiriman, sesuai dengan kontrak yang ada. Karena tidak cukup bukti, dihentikanlah penuntutannya,” jelas Yendi Kusyendi.

Seperti yang diketahui, Kejari Kendari mengusut kasus dugaan korupsi pemeliharaan dan perbaikan kapal negara dinas Perhubungan Laut Distrik Navigasi Kelas III Kendari tahun 2009. Pada awal tahun 2011, Kejari menetapkan dua orang tersangka yakni PPK proyek pemeliharaan dan perbaikan kapal negara dan Direktur CV Orbit Raya Sakti, Sukarni sebagai pemborong.

Sukarni diduga kuat tidak melaksanakan pekerjaan proyek dok kapal sesuai dengan bestek. Setelah dilakukan pengumpulan bahan keterangan (Pulbaket) dan pengumpulan data (Puldta), tim penyidik menemukan adanya kekurangan volume. Diduga kerugian negara mencapai Rp 300 Juta yang itemnya terbagi dua sebesar Rp 160 juta. Namun, kasus tersebut akhirnya di-SKPP-kan karena dianggap tidak cukup bukti karena barang yang dianggap fiktif tiba-tiba muncul. (kp)

  1. No comments yet.
  1. No trackbacks yet.

Balas

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: