Home > Bumi Anoa > Dua Perusahaan Berseteru, Masyarakat Dirugikan

Dua Perusahaan Berseteru, Masyarakat Dirugikan

Saturday, 4 February 2012 Leave a comment Go to comments

Dua Perusahaan Berseteru, Masyarakat Dirugikan

Andoolo, Perseteruan antara PT Merbau Jaya dengan PT Sawitindo Sultra terkait penyerobotan lahan perkebunan berdampak terhadap masyarakat dan investasi di Konawe Selatan (Konsel). Selain itu berpeluang tidak berlanjutnya kegiatan perkebunan yang dilakukan, mengingat kedua perusahaan itu lebih mengedepankan penyelesaian kasus hukum yang sementara dalam penanganan di Polda Sultra.

Perseturuan ini, jika tidak mendapat perhatian dari pemerintah Kabupaten Konsel dapat dipastikan akan menimbulkan kerugian. Pertama, kepada pemerintah itu sendiri, dengan tidak kegiatan perusahaan yang dapat membantu pemerintah dalam rangka peningkatan kesejahteraan, pendapatan daerah, perekrutan tenaga kerja dan lainnya. Kedua masyarakat yang dirugikan, dimana lahan-lahan yang masuk dalam areal izin tidak mendapat gati rugi. “Sebaiknya pemerintah melakukan mediasi adanya perselisihan ini, sehingga kedua perusahaan ini dapat berjalan dengan baik,” ujar Kepala BPN Konsel H Asmain Tombili, kemarin.

Menurutnya, izin lokasi kepada dua perusahaan tersebut tidak ada masalah. Tetapi permasaahannya ada pada izin usaha perkebunan (IUP). Jadi ini yang harus disahuti pemerintah. Kalau ini mendapat mediasi dari pemerintah, termasuk mempertemukan dua perusahaan untuk berunding, dua perusahaan ini akan segera bergerak melakukan kegiatan.

“Seharusnya dua perusahaan ini bersaing untuk segera produksi, bukan saling lapor ke polisi,” katanya.

Pengganti Hasanuddin, SH, MH itu mengaku, atas perseteruan itu juga telah melibatkan BPN untuk menjadi saksi di Polda Sultra terkait penyerobotan lahan yang dilaporkan oleh PT Merbau Jaya. “Inilah yang menjadi pemikiran untuk dilaporkan kepada Bupati Konsel, agar hal ini dapat dituntaskan, termasuk tidak berimbas kepada perusahaan lainnya,” tandasnya. (kp)

Categories: Bumi Anoa
  1. No comments yet.
  1. No trackbacks yet.

Balas

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: