Home > Berita Utama > Warga Siap Tinggalkan Hutan Warangga

Warga Siap Tinggalkan Hutan Warangga

Friday, 3 February 2012 Leave a comment Go to comments

Raha,   Ketakutan pemerintah kabupaten Muna bahwa warga yang membuka lahan perkebunan di hutan warangga, tidak akan meninggalkan lokasi tersebut tidak terbukti. Meski masih tetap berkebun, warga bersedia meninggalkan kawasan hutan lindung jompi tersebut bila program penghijauan sudah turun.

Kemarin, Kadis Kehutanan Drs Haris, turun langsung ke kawasan hutan lindung dan berdialog dengan warga yang berkebun. Haris mengatakan, warga memahami bahwa lokasi mereka berkebun adalah kawasan hutan lindung. “Ini dulu yang penting. Warga paham bahwa ini adalah kawasan hutan lindung, “ujarnya.

Ketakutan pemda, kata Dia, bila warga tidak mengakui hutan warangga adalah kawasan hutan lindung. Warga yang berkebun lanjut Dia, bersedia meninggalkan kawasan hutan lindung, bila program penghijauan telah turun. Nantinya tanaman yang akan ditanam adalah jenis pohon yang mampu menyerap air dalam jumlah banyak.

Dalam penghijaun, ujar Haris, tetap akan melibatkan masyarakat. Masyarakat tidak akan kehilangan sumber kehidupan karena hutan warangga dihijaukan. “Dua-duanya akan jalan, sumber kehidupan warga tidak hilang. Penghijauan juga akan jalan, “terangnya.

Okto salah satu perwakilan warga, mengatakan, warga yang berkebun dilokasi ini, bukan yang merusak atau menggunduli hutan. Kondisi hutan saat warga masuk telah gundul, warga hanya menduduki lalu membuka lahan untuk berkebun. “Selama ini dibiarkan gundul. Tidak termanfaatkan, warga kemudian masuk berkebun, “ceritanya.

Mereka paham bahwa hutan warangga adalah kawasan hutan lindung. Bila  nantinya ada program penghijaun yang masuk, warga akan meninggalkan lokasi hutan. Namun dengan catatan dalam proses penghijauan hutan, warga turut serta dilibatkan. “Selama dalam proses penghijauan warga diperbolehkan untuk menanam tanaman jangka pendek,  “sarannya. (kp)

Categories: Berita Utama
  1. No comments yet.
  1. No trackbacks yet.

Balas

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: