Home > Berita Utama > Tugu Brimob Ancam Keselamatan Warga

Tugu Brimob Ancam Keselamatan Warga

Friday, 3 February 2012 Leave a comment Go to comments

Rumbia,  Tugu Brimob Kasipute tidak bertahan lama. Tiga tahun pasca dibangun, kondisinya mulai memprihatinkan. Hampir disetiap sudut bangunannya sudah mulai rusak. Bahkan lima tiang yang menyangga bangunan utama, dibeberapa sudutnya sudah mulai retak dengan panjang 10 hingga 20 centimeter.

Amir, salah seorang warga Doule mengatakan, kondisi tugu Brimob yang sudah retak-retak bisa mengancam keselamatan warga yang melintas atau saat bersantai di sekitar tugu. Keretakan seperti kata Amir, merupakan kali kedua selama tugu Brimob itu dibangun pada 2009 lalu.

Bahkan tingkat kerusakannya saat itu, sangat parah. Untungnya, perusahaan yang membangun tuga Brimob Kasipute masih bertanggung jawab dengan menambal kembali bagian-bagian tugu yang retak.

Abady Makmur,  anggota DPRD juga prihatin melihat kondisi tugu Brimob Kasipute. “Lebih awet bangunan tugu Brimob yang lama dibanding yang baru dibangun. Kalau yang lama bisa puluhan tahun usianya, yang baru dibangun, baru tiga tahun sudah retak-retak,” kata Abady.

Politisi dari Partai Serikat Indonesia ini pun meminta Bupati mengambil langkah tegas terkait kondisi tugu brimob tersebut sebelum ada jatuh korban. Sebab disekitar lokasi tugu, menjadi tempat hiburan dan berkumpul warga Bombana. “Mendingan dirubuhkan saja, dan dibangun tugu yang baru ditempatnya semula.

Karena ditempat bangunannya semula banyak mengandung sejarah. Kalau tidak salah, biaya untuk membangun dilokasi yang pertama sudah kami anggarkan di APBD,” tutur Abady.

Tugu Brimob Kasipute yang sudah retak-retak itu, merupakan bangunan baru yang dibangun dimasa pemerintahan Bupati Atikurahman. Sekitar 100 meter dari tugu tersebut, pernah berdiri tugu brimob yang dibangun sejak tahun 1950-an. Namun karena alasan pembenahan wilayah ibukota, pada tanggal 15 Juli 2009 lalu, Bupati Bombana saat itu memerintahkan untuk dirubuhkan. (kp)

Categories: Berita Utama
  1. No comments yet.
  1. No trackbacks yet.

Balas

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: